MOTIVASI DOSEN DALAM MELAKUKAN KEGIATAN PENELITIAN DI SEKOLAH TINGI AGAMA ISLAM TAPAKTUAN ACEH SELATAN
Abstract
Aktivitas penelitian merupakan salah satu nafas perguruan tinggi yang membedakan dengan sekolah. Budaya meneliti ini merupakan upaya yang tak kalah pentingnya dalam upaya peningkatan kualitas dosen. Karena itu, dosen dituntut untuk memperdalam dan memperluas wawasan keilmuan, khususnya tentang metodologi penelitian, agar mereka dapat menghadapi segala perubahan di era globalisasi ini. Dalam realitasnya, masih ditemukan adanya dosen STAI Tapaktuan, Aceh Selatan, yang mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan penelitian, bahkan sebagian dosen menganggap penelitian bagaikan “kartu mati,” padahal meneliti merupakan tugas pokok dosen di perguruan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen melakukan penelitian, dipengaruhi oleh peningkatan prestasi akademik yang ingin dicapai, seperti untuk kenaikan pangkat akademik dan juga pemenuhan kebutuhan hidup (ekonomi) untuk kesejahteraan dosen yang bersangkutan, di samping faktor lain yang ikut mempengaruhinya.
Kata Kunci : Motivasi, Penelitian dan Dosen STAI Tapaktuan
Full Text:
PDFReferences
Ahyadi, ‘Abdul Azīz. (2010). Psikologi Agama: Kepribadian Muslim Pancasila, Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Alsa, Asmadi. (2004). Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif dalam Penelitian Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chaplin, P. James. (1999). Kamus Lengkap Psikologi, terj. Kartini Kartono, Jakarta: Rajawali.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2012). Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Hasibuan, S. P. Malayu. (2005). Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah, Jakarta: Bumi Aksara.
Koeswara. (1998). Motivasi: Teori dan Penelitiannya, Bandung: Angkasa, 1998.
Komaruddin. (2004). Ensiklopedia Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara.
Pasaribu dan Sumanjuntak. (2007). Proses Belajar Mengajar, Bandung: Tarsito.
Poerbakawatja, Soegarda. (1976). Ensiklopedi Pendidikan, Jakarta: Gunung Agung, 1976.
Purwanto, M. Ngalim. (1998). Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Purwanto, M. Ngalim. (1998). Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sabri, M. Alisuf. (2003). Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan, Jakarta:
Pedoman Ilmu Jaya.
Sardiman AM. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sopiah, Djamah. (2000). “Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Berpikir Terhadap Hasil Belajar,” dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Depdiknas, Nomor 022 Maret.
Suryabrata, Sumadi. (1994). Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali.
Uno, B. Hamzah. (2015). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Widiyanto, Anton. (2006). Revitalisasi Budaya Akademik Pada PTAI (Analisis Mengenai Implementasi Tridarma Perguruan Tinggi di IAIN Ar-Raniry, dalam Jurnal Didaktika, Banda Aceh, Vol. 7, No.2, September.