PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA GAMBAR
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VII-4 MTsN Tapaktuan. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya guru masih menggunakan media konvensional serta dominasi guru dalam pembelajaran, sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi pasif dan membosankan. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas guru, siswa, hasil belajar, dan respons yang baik, yaitu dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fikih dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas VII-4 MTsN Tapaktuan Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan pada Semester 2 Tahun Ajaran 2016/2017 dalam dua siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas VII-4 MTsN Tapaktuan yang berjumlah 22 siswa diambil secara total sampling dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan test. Sementara instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket dan soal tes. Teknik analisis data dilakukan secara kolaboratif yaitu pengumpulan data secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pada aktivitas guru 86% berkategori sangat baik, aktivitas siswa 94% berkategori sangat baik, hasil rata-rata kelas 76,59 dan respons siswa 85,1% yang berkategori sangat baik. Ini artinya penelitian dengan menggunakan media gambar pada materi fikih sudah tuntas pada siklus II. Penelitian ini disarankan kepada rekan guru agar menguasai dan mencoba menerapkan media pembelajaran ,seperti media gambar supaya suasana pembelajaran lebih hidup, bervariasi, dan terbukti efektif meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Kreativitas dan Media Gambar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
Kartilah, Endang. (2016). ”Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Menggunakan Media Gambar Berbasis Audio Visual Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Penembahan Yokyakarta”, skripsi (online), FKIP Universitas PGRI Yokyakarta, melalui situs http://repository. upy. ac. Id.
Mawardi, dkk. (2013). Panduan Praktis Perkuliahan Micro Teaching, Banda Aceh: Intructional Development Center.
Muhammad Jupriadi,(2013). “ Meningkatkan Prestasi belajar IPA Melalui Media Gambar pada Kelas IV SDN Majene,” Jurnal (online), Mahasiswa Program Guru dalam Jabatan FKIP Universitas Taduloko, situs http:// download. Poltalgaruda. Org/article.
Rahayu, Sadbudhy Endang dan Nuryata, Made. (2010). Pembelajaran Masa Kini, Jakarta Timur: Sekarmita.
Sadiman, S Arief, (20012). Media Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Taniredja, Tukiran, dkk. (2012). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Guru, Bandung: Alfabeta.
Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. (2013). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Widianingtias, Mijil. (2014). ” Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Media Gambar bagi Siswa Kelas IV MI al-Fatah Kemutug Wadas Lintang Wonosobo Jawa Tengah,” Skripsi(online), FIP UNY , melalui situs http://eprints. Uny. ac. Id.
Yanto, Medi. (2013). Jadi Guru Yang Jago Penelitian Tindakan Kelas, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Edisi Pertama, Yokyakarta: Andi Offset.
Refbacks
- There are currently no refbacks.