PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU

Fitriyasni, M.Si, Marlis Safrida, S.Pd

Abstract

Guru merupakan komponen yang terpenting karena guru mampu menggerakkan komponen lainnya dalam proses pembelajaran. Semakin baik kinerja seseorang guru, maka semakin besar pula pengaruhnya terhadap kualitas pembelajaran. Rendahnya produktivitas guru di sekolah dalam mengikuti aturan dan tata tertib maupun dalam melaksanakan tugas mengajar sangat erat kaitannya dengan kedisiplinan yang diterapkan oleh kepala sekolah di lingkungan kerjanya. Seorang pemimpin disarankan dapat menyesuaikan gaya kepemimpinannya, dari suatu lingkungan tertentu dapat efektif diterapkan sepanjang periode waktu tertentu asalkan perilakunya sesuai dengan tuntunan situasi.  Salah satu yang menjadi tolak ukur dalam mencapai keberhasilan sekolah yaitu mekanisme atau gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah yang mampu memotivasi kerja guru, sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru di MAN 1 Tapaktuan Aceh Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik sensus, yaitu seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data melalui angket (questionnaire), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji pra syarat analisis dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis dari hasil analisis regresi sederhana yaitu thitung > ttabel (2.828 > 2.055) dengan tingkat probabilitas 0,05. Sedangkan analisis korelasi dengan nilai thitung > ttabel yaitu 1,592 > 1,314 dengan probabilitas 0,20. Terdapat pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah terdapat motivasi kerja guru di MAN 1 Aceh Selatan, yaitu dengan adanya sumbangan efektif dari gaya kepemimpinan partisipatif dari koofesien determinasi (r2) sebesar 0,235, sedangkan sisanya 76,5% dipengaruhi oleh faktor lain di luar pembahasan penelitian ini.

 

Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan Partisipatif  dan Motivasi Kerja Guru

Full Text:

PDF

References

Danim, Sudarman. (2010). Kepemimpinan Pendidikan Kepemimpinan Jenius ( IQ + EQ), Etika, Perilaku Motivasional, dan Mitos, Bandung: Alfabeta.

Daryanto. (2013). Administrasi dan Manajemen Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.

Dita Amanah dkk. (2013). Pengantar Manajemen, Bandung: Cita Pustaka Media Perintis.

Hatimah, dkk. (2010). Penelitian Pendidikan, Bandung: UPI Press.

Hermino, Agustinus. (2014). Kepemimpinan Pendidikan di Era Globalisasi, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Mulyasa E (2004). Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosda Karya.

---------- (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

---------- (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rahmat (2013). Manajemen Kepemimpinan Kewirausahaan, Yogyakarta: Media Aksara.

Sardiman (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Serero, Syamsudin. (2016). “Pengertian Manajemen Kepemimpinan Islam” diakses dalam Situs: http://shirotuna. Blogspot.co.id.

Shulhan, Muwahid. (2013). Model Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru, Yogyakarta: Teras.

Siagian P Sondang. (2003). Teori & Praktek Kepemimpinan, Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (2001). Metoda Statistika, Bandung: Tarsito.

Thoha, Miftah. (2012). Konsep Dasar dan Aplikasinya, Rajawali Pers.

Uno B Hamzah. (2009). Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.