KOMPETENSI LULUSAN (OUT-PUT) PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM (PTAI) DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI
Abstract
Keberadaan lulusan suatu perguruan tinggi di tengah-tengah masyarakat merupakan kebutuhan yang tidak dapat ditawar lagi, terutama dalam mensikapi arus perubahan sosial yang selalu berkembang seiring dengan dinamika masyarakat. Dalam konteks itulah, setiap lulusan PTAI dituntut untuk memiliki kemampuan responsif terhadap fenomena sosial yang berkembang di sekitarnya. Karena itu, untuk menghadapi perkembangan era globalisasi, diperlukan kekuatan daya saing yang tangguh bagi PTAI untuk mempersiapkan kompetensi lulusannya. Kompetensi ini menyangkut penguasaan bahasa asing (Inggris, ‘Arab ataupun bahasa asing lainnya), penguasaan teknologi dan informasi, mempersiapkan jiwa kewirausahaan, penanaman nilai etos kerja yang benar, menjalin kerjasama yang baik dalam bekerja dan mampu mengekspresikan dirinya dengan baik. Untuk mempersiapkan lulusan tersebut, perlu adanya standarisasi kualitas, penerapan prinsip efisiensi, mempertahankan relevansi kurikulum, mengadakan reformasi dalam pembelajaran dan mampu menciptakan lingkungan akademis yang mendukung untuk peningkatan kualitas lulusan.
Kata Kunci : Kompetensi Lulusan, PTAI, Era Globalisasi
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Azizi, A. Qadri. (2004). Melawan Globanisasi: Reinterprestasi Ajaran Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
--------, (2004). “Melihat Prospek PTAI Ke Depan: Tuntutan, Tantangan, dan Kesempatan,” [Online]. Swara Ditpertais: No. 10 Th. II, 15 Juni, 07, Diakses melalui Situs: http://www.ditpertais.net/
Depdiknas R.I, (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi: dalam Menunjang Kehidupan Siswa, Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.
Echols, M. John dan Shadly, Hasan. (1992). Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: Gramedia.
Fajar, Malik. (1998). Visi Pembaharuan Pendidikan Islam, Jakarta: Alfa Grafika Utama.
Furqan, Arief. (2004). “Peluang dan Ancamannya Bagi Lulusan PTAI: Era Globalisasi Dan Informasi:”, [Online]. Swara Ditpertais: No. 11 Th. II, 17 Juli.
---------- (2004). “Persoalan Utama Yang Harus Dipecahkan di Bidang Pendidikan Tinggi Agama Islam,” [Online]. Swara Ditpertais: No. 12 Th. II, 31 Juli.
Mas’ud, Abdurrahman. (2005). “Kompetensi Lulusan PTAI dalam Perspektif Masyarakat Pengguna di Jawa Tengah,” [Online]. Diakses melalui Situs: http://ern.pendis.depag.go.id.
Mulyasa E. (2003) Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi, Jakarta: Rosdakarya.
Rimang, Siti Suwadah. (2015). Meraih Predikat Guru dan Dosen Paripura, Bandung: Alfabeta.
Sagala, Syaiful. (2013). Kemampuan Profesional Guru dan tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta.
Swara Ditpertais. (2005). “Menuju Kesiapan Manajemen Berbasis Kampus: Strategi Meningkatkan Pengelolaan PTAI,” [Online]. Diakses melalui Situs: http://www.ditpertais.net/swara/
Triono, Lovi. (2006). “Urgensi Penggunaan dan Pengembangan Teknologi Informasi dalam Pendidikan E-Learning,” [Online]. Diakses melalui Situs: http://fortip.org./e-learning.
Wibowo, Jatmiko Alexander. (2002). Pendidikan Berbais Kompetensi, Yogyakarta: Andi Offiset.