STRATEGI PEMASARAN BSI TAPAKTUAN: MENARIK MINAT INVESTASI MELALUI PRODUK CICIL EMAS (CILEM)

Taufik Harahap Hidayat, Harwina Adella

Abstract

Sektor perbankan menjadi salah satu pilar utama penggerak ekonomi di Indonesia. Untuk menghadapi persaingan yang ketat, tiga bank syariah milik pemerintah digabungkan menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI) pada 1 Februari 2021. BSI hadir tidak hanya sebagai lembaga penyimpan dana, tetapi juga sebagai fasilitator investasi, salah satunya melalui produk Cicil Emas (CILEM). Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi pemasaran produk CILEM di BSI Cabang Tapaktuan dan mengidentifikasi hambatan yang dihadapi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian staf BSI Cabang Tapaktuan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran CILEM berfokus pada keunggulan produk yang aman (berasuransi), menguntungkan (biaya rendah), dan likuid. Produk ini juga memiliki kelemahan, yaitu uang muka 20% dan jangka waktu minimal dua tahun. Promosi dilakukan secara online (media sosial) dan offline (brosur, kunjungan) untuk menjangkau berbagai segmen masyarakat, sehingga investasi terus meningkat. Namun, hambatan utama yang ditemukan adalah rendahnya pemahaman nasabah tentang produk CILEM dan keterbatasan akses teknologi bagi sebagian calon nasabah. Untuk mengatasi hal ini, BSI perlu meningkatkan sosialisasi dan menyesuaikan penawaran produk sesuai dengan kebutuhan nasabah.

References

Abdullah, F, Manajemen Perbankan (Teknik Analisa Kinerja Keuangan Bank), (Malang: Universitas Muhamadiyah Malang, 2013) Afrizal, Metode Penelitian Kualitatif (Jakarta: Raja Grafindo, 2015) Ahmad Ainul Yaqin, Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Cicilan Emas Di Bank X Syariah Kcp Dramaga, Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, Vol.3 No. 2 Juli 2019 Anshori, A. G, Kapita Selekta Perbankan Syariah di Indonesia, (Yogyakarta: UII Press,2018) Burhan Bugis, Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Sosial Lainnya, Edisi, Kedua (Jakarta: Kencana, 2011) Danang Sunyoto, .Starategi Pemasaran (Yogjakarta :CAPS,2015) Denny Ramadhan, dkk, “Strategi Pemasaran Digital Produk Cicil Emas pada Bank BSI KCP Semarang Banyumanik”, Jurnal, Program Studi Keuangan dan Perbankan, Vol. 2. No. 2 Din Samsudin, Etika Agama Dalam Membangun Masyarakat Madani, (Jakarta: Logos,2010) Kasmir, Pemasarann Bank, (Jakarta: Kencana, 2014) Kotler Philip dan Keller K Lane, Manejemen Pemasaran. (New jersey, Prentice Hall. 2007) Kotler, Philip dan Gary Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, (Jakarta: Erlangga, 2018) Akmal Afifah, “Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Cicil Emas di Bank Syariah Indonesia (KCP Sudirman)”, Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, Vol.4. No,4. 2023 Made adnyana, Mamajemen Investasi Dan Portofolio, (Jakarta Selatan: Universitas Nasional (LPUUNAS), 2020) Muhammad, Bank Syariah, Analis Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman, (Yogyakarta: Ekonisi, 2016) Nunung Nurhilal, dkk, “Analisis Pemasaran Produk Pembiayaan Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Pada Kspps Al Uswah Indonesia Cabang Banjar”, Jurnal Institut Manajemen Koperasi Indonesia, Vol. 4, No 1. Putri Dwi Cahyani, “Tingkat Kepuasan Nasabah terhadap Kualitas Layanan Perbankan Syariah di Yogyakarta” Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 6, No. 2 Rafi’udin dan Manna Abdul Dejaliyel, Pirnsif Dan Strategi Dakwah, (Bandung: Pustaka Setia, 2017) Ravita, Analisis Strategi Pemasaran Pembiayaan Murabahah Pada Produk Cicil Emas Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP. Medan Krakatau, Jurnal Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Vol.5, No.1 Setiawan Hari P. dan Zulkieflimansyah,Manajemen Strategi, (Jakarta:Fakultas Ekonomi Uiniversitas Indonesia,2016) Srisusilawati, P, Kajian Komunikasi pemasaran terpadu dalam mendorong keputusan pembelian jasa perbankan. AMWALUNA: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, Vol.1, No.1 Sugiyono, Metodologi Penelitian, (Mixed Methods), (Bandung: Alfabeta, 2018) Suharno dan Yudi Sutarso, Marketing In Practice, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2018) Sumarsid dan Atik Budi Paryanti, “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi)”, Jurnal Ilmiah M-Progress, Vol.12, No. 1 Tiara Agustin, “Prosedur Pembiayaan Produk Cicil Emas Di Bank Sumselbabel Syariah Cabang Muhammadiyah Palembang”, Jurnal Perbankan Syariah, Vol.2, No.1 Tim Penyusun Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Ri, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta:Balai Pustaka, Tahun 2017) Usmara, Pemikiran Kreatif Pemasaran. Yongyakarta: Amara Book , 2008) Zeiniye Zeny, “Peluang Investasi Emas Melalui Produk Cicil Emas Bank Syari’ah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Situbondo”, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol.9. No.3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.