PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA LULUSAN SEKOLAH DASAR (SD) DAN MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah prestasi, di mana siswa harus mendapatkan prestasi yang baik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya perbedaan prestasi belajar siswa yang berasal dari SD dan MI pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Tapaktuan Aceh Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Tapaktuan, dengan jumlah sampel 25 orang siswa lulusan dari SD dan 25 orang siswa lulusan dari MI. Adapun uji hipotesis yang digunakan adalah independen sampel T tes, sedangkan instrumen yang digunakan dalam bentuk studi dokumentasi (nilai rapor), serta teknik pengolahan datanya menggunakan program Statistical Product and Service Solution atau SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa lulusan SD dan MI, karena signifikansi di atas 0,05, artinya Ho diterima dan Ha ditolak. Penelitian ini disarankan kepada guru bidang studi pendidikan agama Islam agar terus berusaha meningkatkan prestasi belajarnya, sehingga mencapai hasil yang memuaskan.
Kata Kunci : Perbedaan dan Prestasi Belajar, SD dan MI
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu. (2013). Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2001). Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta:Bumi Aksara.
Nugroho, Aditya. (2014). “Pengaruh Motivasi dan Minat Terhadap Prestasi Siswa pada Mata Diklat Keselamatan dan Ksehatan Kerja di SMK Negeri 1 Sedayu”, Skrips (online), diakses melalui situs: https://www.google.co.id/search.
Pohan, Rusdin. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan, Banda Aceh: Ar-Rijal Institute.
Qudrotulaini, Imama. (2013). “Prestasi Akademik Mahasiswa Berstatus Santri Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Kemampuan Pengaturan Diri (Pada Mahasiswa STAIN Salatiga Tahun 2013),” Skripsi (online) diakses melalui situs:
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin. (2005). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yacub, M. (2012). “Prestasi Belajar dan Hubungannya dengan Minat Belajar,” dalam Jurnal Sintesa, Fakultas Tarbiyah UIN Ar-Raniry, Vol. 11, No. 2.
Yunitasari, Alif Dyah. (2016). “Studi Komparasi Prestasi Belajar Siswa (Analisis Komparatif Prestasi Belajar Siswa Yang Berasal Dari SD dan MI Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 1 Pogalan Trenggalek).” Skripsi (Online), diakses situs, https: /id.scribd.com.
Refbacks
- There are currently no refbacks.