PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi suatu permasalahan yang berkenaan dengan rendahnya hasil belajar dan aktivitas belajar siswa di kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Samadua, Aceh Selatan. Hal ini terlihat dari perilaku siswa yang cenderung hanya mendengar dan mencatat pelajaran yang diberikan guru, siswa dengan bertanya dan mengemukakan pendapat saat pembelajaran berlangsung, sehingga berakibat pada menurunnya prestasi belajar mereka. Tujuan dari pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi akhlak mulia dengan menerapkan model discovery. Pelaksanaan PTK ini dilakukan melalui dua siklus, di mana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan pada akhir siklus dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dari PTK ini, yaitu, keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 75%, hasil belajar atau jumlah siswa yang mendapat nilai sesuai KKM (>55) minimal 75%, dan performansi guru dalam pembelajaran minimal B (>70). Hasil penelitian yang diperoleh dari penilaian hasil belajar siswa kelas XII IPA-1 pada siklus I, yaitu: (1) performansi guru 59,67 % % dengan kategori kurang aktif; (2) aktivitas siswa 63,04 % berkategori kurang aktif; (3) hasil belajar rata-rata 62,90% belum mencapai nilai KKM. Hasil belajar pada siklus II, yaitu: (1) performansi guru 85,83 % berkategori aktif; (2) aktivitas siswa 90,22 % berkategori sangat aktif; (3) hasil belajar rata-rata, 71.84% sudah mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran discovery dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran agama, khususnya materi akhlak terpuji, di samping dapat meningkatkan aktivitas guru agama ketika mengajar di SMK Neger1 Tapaktuan, Aceh Selatan tahun pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar dan PQ4R
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Bahri Syaiful. (2013). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Hasbullah. (2012). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mubin, Fathul. (2013). “Meningkatkan Motivasi belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA melalui strategi pembelajaran PQ4R pada siswa kelas V SD Negeri Karangdawa Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang” Skripsi on-line), FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Melalui situs, http://library.walisongo.ac.id.
Rianto, Yatin. (2010). Para Dikma Baru Pembelajaran, Jakarta: Kencana Persada Media Group.
Ruswandi. (2012). Psikologi Pembelajaran, Jakarta: Bandung, Cipta Pesona Sejahtera.
Suharyati, Novi. (2012). ”Efektivitas Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Zakat Kelas IV MI Sultan Fatah Demak,” Skripsi: FT IAIN Walisongo, Semarang.
Taniredja, Tukiran, dkk. (2012). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Guru, Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.
----------. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2013, tentang Sistem Pendidikan Nasional
Yanto, Medi. (2013). Jadi Guru Yang Jago Penelitian Tindakan Kelas, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Edisi Pertama, Yogyakarta: Andi Offset.
Yuniardi, Nurma. (2015). “Penerapan Strategi PQ4R untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas VA SD Bojong Salaman 02 Semarang” Skripsi, FIP UNS, diakses: http://library.walisongo.ac.id.
Refbacks
- There are currently no refbacks.