MADRASAH SEBAGAI ALTERNATIF LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MEODERN DI INDOENSIA
Abstract
Madrasah merupakan institusi pendidikan yang tumbuh dan berkembang oleh dan dari masyarakat. Kehadiran madrasah “model” merupakan respons terhadap tuntutan masyarakat terhadap signifikansi mutu madrasah berhadapan dengan tantangan global sekarang ini. Ke depannya, madrasah juga perlu memiliki mutu yang mampu berkompetisi dengan lembaga pendidikan lain. Adapun aspek modernisasi yang perlu diperhatikan di madrasah antara lain adalah pengembangan kelembagaan, orientasi pembelajaran ilmu-ilmu agama semakin inklusif, pembelajaran ilmu-ilmu pengetahuan umum, dan perubahan mindset terhadap tuntutan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah demikian tinggi perlu disadari oleh guru-guru di madrasah. Beberapa contoh madrasah model dan unggul, serta difavoritkan masyarakat di antaranya yang telah terkenal lama adalah Madrasah Aliyah Negeri berasrama Insan Cendekia Serpong Tangerang, Madrasah Ibtidaiyah (MIN) I Malang, Madrasah Pembangunan (MP) UIN Jakarta di Ciputat, MAN Model Singkawang, MAN Model Banda Aceh dan tentu masih banyak yang lain, yang tidak sedikit dijumpai terutama di kawasan perkotaan. Secara kualitas, pendidikan di madrasah tersebut nyaris mengimbangi keunggulan pendidikan di sekolah. Bahkan, di madrasah tertentu, kualitas madrasah telah mampu bersaing secara terbuka dan sederajat dengan “trade mark” lembaga pendidikan sekolah yang lebih dahulu difavoritkan masyarakat.
Kata Kunci : Madrasah, Pendidikan Islam, Modern dan Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, Masykuri. (1997). Menimbang Kurikulum 1997, dalam Jurnal Perta Vol. 1, No. 1, September.
Azra, Azyumardi. (1997). Pesantren; Kontinuitas dan Perubahan (Kata Pengantar) dalam Nurcholish Madjid, Bilik-Bilik Pesantren; Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta: Paramida.
Fachruddin, Fuad. (1998). Madrasah Model; Indikator Objektif dan Operasionalisasi, Jurnal Komunikasi Dunia Perguruan Madrasah, Vol. 2, No. 3.
Fadjar, A Malik. ( 1997). Sintesa Antara Perguruan Tinggi dan Pesantren; Upaya Melahirkan Wacana Pendidikan Alternatif, dalam Nurcholish Madjid, Bilik-Bilik Pesantren; Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta: Paramadina.
---------. (1998). Madrasah dan Tantangan Modernitas, Bandung: Mizan dan Yasmin Jakarta.
Fauzi, Musliha. (2004). Konsep Madrasah Terpadu; Menggali Epistimologi Pendidikan Madrasah, dalam Jurnal Pendidikan Islam Conciencia, Vol. IV, No. 1, PPS Raden Fatah Palembang.
Jabali, Fuad dan Jamhari (ed). (2002). IAIN dan Modernisasi Islam di Indonesia, Jakarta: UIN Jakarta Press.
Lembaran Negara RI No. 78, 2003, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Maksum. (1999). Transformasi Pendidikan Islam di Lingkungan Departemen Agama Pada Masa Orde Baru; Studi Tentang Pembaharuan Kurikulum dan Kelembagaan Madrasah, Disertasi IAIN Jakarta.
Nata, Abduddin. (2006). Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: UIN Jakarta Press.
Rahim, Husni. (2001). Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
----------. (2005. Madrasah Dalam Politik Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Sugiharto, Sapto. (2007). Filantropi Dunia Pendidikan, Kolom Opini Republika Online, http://www.republika.co.id/filantropi dunia pendidikan.htm, Sabtu, 29 Desember.
Refbacks
- There are currently no refbacks.